MESIN PENGHANCUR DOKUMEN–Puisi Afrizal Malna

Tinggalkan komentar

November 27, 2013 oleh sabiq carebesth

afrizal malna Ayo, minumlah. Tidak. Saya tidak sedang es kelapa muda. Makanlah kalau begitu, tolonglah. Tidak. Saya tidak sedang nasi rames. Masuklah ke kamar mandi saya, tolonglah kalau tidak haus, kalau tidak lapar, kalau bosan makan. Perkenankan aku memberikan keramahan padamu, untuk seluruh kerinduan yang menghancurkan egoku. Bagaimana aku bisa keluar kalau kamu tidak masuk.

Kamu bisa mendengar kamar mandiku memandikan tata bahasa, di tangan penggoda seroang penyiar TV. Perkenankan aku membimbing tanganmu. Masuklah di sini yang di sana. Masakini yang di masalalu. Masuklah kalau kamu tak suka tata bahasa. Tolonglah kalau begitu, ganti bajumu dengan bajuku. Mesin cuci telah mencucinya setelah aku mabuk, setelah aku menangis, setelah aku bunuh diri 12 menit yang lalu. Bayangkan tubuhku dalam baju kekosongan itu. Tolonglah bacakan kesedihan-kesedihanmu:

“kemarin aku bosan, hari ini aku bisan, besok akan kembali lagi bosan yang kemarin,”

Apa tata bahasa harus di ubah menjadi museum es krim supaya kamu tidak bosan. Tolonglah. Semua yang dilakukan atas nama bahasa, adalah topeng api. pasar yang mengganti tubuhmu menjadi mesin penghancur dokumen.

Tolonglah, aku hanya seseorang pelancong yang meledak dalam sebuah kamus. Sebuah puisi murung dalam mayat seorang penyair.

Tolonglah, tidurkan aku dalam kesunyianmu yang tak terjemahkan. Mesin penghancur dokumen yang sendiri dalam kisah-kisahmu. (*)
Puisi By, Afrizal Malna
Foto by, KLA/readingroom_JKT

**MESIN PENGHANCUR DOKUMEN–Puisi Afrizal Malna dalam kumpulan puisi “museum penghancur dokumen” peraih KLA 2013

tanggapan dan opini

Kategori

Arsip

Kalender

November 2013
S S R K J S M
« Okt   Des »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Pengunjung

  • 43,809 hits
